Ipa

               Asah Kemampuan Lewat Perlombaan

Padang Ekspres • Minggu, 17/02/2013 04:24 WIB • • 37 klik
Padang, Padek—Banyak cara bisa dilakukan siswa menguji pemahamannya soal materi pela­jaran. Salah satunya mengikuti perlombaan, selanjutnya hasilnya menjadi bahan evaluasi. Begi­tulah diungkapakan Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Syamsurizal pada pembukaan Smansa Pa­dang Science Competition (SMA­PSIC) 8+Jr4, di SMAN 1 Padang, kemarin (16/2).

Syamsulrizal menambahkan, siswa selayaknya sering me­la­kukan pertandingan atau per­lombaan seperti ini. Pemahaman pada materi yang didapatkan bisa langsung diuji. Selain itu, per­tandingan akan mengasah mental siswa terbiasa dalam meng­hadapi suasana kompetisi. ”Per­tandingan akan membentuk ka­rakter siswa dengan baik. Dengan ilmu yang ada, juga diperlukan mental dan akhlak baik pula,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Syam­sulrizla berjanji akan mendukung setiap program peningkatan mutu pendidikan. Dia menyakini, dengan pertandingan seperti Smapsic ini akan meningkatkan mutu pendidikan siswa di Sum­bar. Dia juga menegaskan akan arti penting motivasi diri dalam belajar.

Kepala Dinas Pendidikan Padang, Indang Dewata dalam kesempatan itu mengatakan, pola peningkatan mutu bisa diterap­kan melalui perlombaan. Untuk itu, dia meminta pertandingan seperti ini bisa dilakukan di sejumlah sekolah, dan tentunya akan berdampak pada keinginan siswa menguasai dan memahami ilmu yang didapatkan di sekolah.

Kepala SMAN 1 Padang, Suar­di Dahlan menjelaskan, kalau Smapsic ini merupakan agenda tahunan yang dilakukan oleh OSIS SMAN 1 Padang. Ta­hun ini me­masuki pelaksanaan ke-8 untuk SMA dan ke-4 untuk SMP.

Kompetisi ini merupakan agenda tahunan berbasis bidang sains. Untuk SMA di luar Padang, dapat mengikuti empat bidang yaitu Astronomi, Fisika, Kimia, dan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Bagi siswa SMA di Padang, di­tam­bah empat bidang lagi, yakni Matematika, Biologi, Kebu­mian, Komputer, dan Ekonomi. Se­mentara SMP luar Padang, me­ngikuti tiga bidang, yaitu Mate­matika, Fisika, dan Biologi.

Peserta yang ikut dalam per­tandingan ini mencapai 2 ribu siswa baik SMA dan SMP. Total hadiah yang diberikan mencapai Rp73 juta. Setiap sekolah tidak dibatasi mengirim peserta tadi dibatasi untuk satu materi lomba saja. (ek)
[ Red/Administrator ]

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar